Jumat, 26 April 2013

Mengelola waktu

Waktu adalah  pedang jika kita tidak dapat menggunakannya dengan baik maka akan menebas kita. Bukankah Allah mengingatkan tentang waktu melalui firmannya: Demi massa, sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, sedangkan Rasullullah bersabda: barang siapa hari ini lebih buruk dari hari kemarin, maka ia adalah orang-orang yang celaka, oleh karena itu hendaklah kita senantiasa memanfaatkan waktu yang ada dengan hal-hal yang bermanfaat agar kita bisa meraih keberhasilan. Keberhasilan setiap orang berbeda-beda tergantung dari kecerdasan menejemen waktu. , tiada penyesalan yang datang di awal, Ibnu Mas’ud Beliau salah seorang shahabat Nabi yang mulia, pernah berkata, “Aku belum pernah menyesali sesuatu seperti halnya aku menyesali tenggelamnya matahari, dimana usiaku berkurang, namun amal perbuatanku tidak juga bertambah”. 

Ada beberapa tips mengelola waktu yang bisa kita coba:
  1. Buatlah jadwal yang terencana tentang hari-harimu. Dari bangun tidur sampai kembali tidur lagi. Alokasikan waktu secara seimbang antara belajar atau bekerja, beribadah kepada Allah SWT, membantu orang tua, bermain, bersosialisasi, dan istirahat.
  2. Usahakan untuk selalu menaati jadwal yang kita buat. Jangan  biarkan yang terencana berjalan sia-sia. Hanya tertempel, namun tidak ada yang berjalan dengan baik
  3. Segara lakukan pengubahan jadwal jika tidak sesuai atau terlalu ketat sehingga kita sanggup melaksanakannya secara beruntun.
  4. Jangan pernah menunda waktu untuk mengerjakan sesuatu, jika bisa kita kerjakan saat ini, mengapa harus menunggu hari esok. Ada pepatah mengatakan menunda pekerjaan sama artinya menambah derita.
  5. Usahakanlah serius dan focus dalam mengerjakan sesuatu. Hindari pindah kelain pekerjaan jika pekerjaan yang sedang dikerjakan belum selesai.
  6. Manfaatkan waktu luang dengan baik. Misalkan ketika kita berangkat ke sekolah  atau kerja naik angkot,manfaatkanlah perjalanan itu dengan membaca buku atau hafalan al-Quran surat-surat pendek
  7. Jika waktu libur tiba, luangkan waktu untuk refreshing sekaligus mengambil manfaat dari liburan. Misalnya melakukan tadabur alam sehingga kita dapat mensyukuri nikmat Allah yang tiada duanya.
  8. Evaluasi diri perlu dilakukan, apakah kita sudah menjalankan dengan  benar sesuai dengan apa yang telah terencana. Tanamkan  keyakinan bahwa esok harus lebih baik
  9. Pergunakan waktu istirahat sebaik mungkin sehingga stamina tubuh tetap terjaga
Semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Mari kita coba bersama-sama.

1 comments :

  1. ya itulah pentingnya waktu, sampai ALLAH bersumpah demi masa

    BalasHapus

 
=======
banner